Sabtu, 05 November 2011

KARTU SIM, PIN DAN KODE KEAMANAN


1. Ponsel saya minta kode PIN/PIN2/PUK/PUK2.
ponsel Anda dilengkapi dengan satu atau beberapa kode untuk melindunginya terhadap penggunaan yang tidak berwenang. Kode PIN dan PUK melindungi kartu SIM, kartu kecil di dalam ponsel Anda yang melangsungkan koneksi jaringan.
Pada umumnya, operator atau penyedia layanan Anda adalah sumber bimbingan terbaik untuk masalah kode PIN dan PUK.
  • Kode yang paling umum adalah kode PIN (Personal Identification Number), yang Anda setel sendiri dan dapat diaktifkan serta dinonaktifkan dengan mengikuti petunjuk dalam panduan pengguna Anda.
  • Kode PIN2 adalah kode PIN yang berfungsi sebagai perlindungan lapis kedua untuk sejumlah fitur tertentu pada ponsel Anda. Kode ini berfungsi dengan cara yang sama seperti kode PIN, dan informasi lebih lanjut mengenai hal ini tersedia dalam panduan pengguna Anda.
  • Jika beberapa kali memasukkan kode PIN yang salah, ponsel Anda akan minta kode PUK (Personal Unblocking Key). Kode PUK adalah kode yang terdiri atas 8-digit yang disediakan oleh operator atau penyedia layanan Anda.
  • Jika beberapa kali memasukkan kode PIN2 yang salah, ponsel Anda akan minta kode PUK2.
Silakan menghubungi operator atau penyedia layanan Anda untuk memperoleh bantuan mengenai masalah kode PIN dan/atau PUK Anda. Jika Anda sudah menghubungi penyedia layanan dan kode yang disediakan tidak berfungsi, Anda harus memperoleh kartu SIM baru dari operator atau penyedia layanan Anda

2. Ponsel saya minta kode keamanan.
ponsel Anda dilengkapi dengan satu atau beberapa kode untuk melindunginya terhadap penggunaan yang tidak berwenang. Harap diperhatikan, bahwa kode keamanan yang melindungi ponsel itu sendiri, berbeda dari kode PIN yang melindungi kartu SIM.
Jika ponsel meminta kode keamanan Anda dan Anda belum mengaktifkannya, coba ikuti langkah berikut ini:
  • Masukkan kode keamanan standar: 12345. Hanya mencobanya satu kali.
Jika ponsel Anda masih minta kode keamanan, bawalah ponsel ke pusat layanan Nokia terdekat untuk diperiksa. Anda dapat menemukan alamat pusat layanan dari menu drop-down di bagian bawah Perbaikan.
Harap diperhatikan:
  • Beberapa operator mengkonfigurasi ponsel sehingga ponsel itu hanya berfungsi dengan kartu SIM yang diterbitkan oleh mereka. Dalam hal ini, jika Anda memasukkan kode yang salah sebanyak tiga kali atau lebih secara berturut-turut, ponsel akan dikunci selamanya. Jika ini terjadi, hubungi operator atau penyedia layanan Anda untuk mendapatkan bantuan.
  • Dalam kasus lain, apabila Anda salah memasukkan kode sebanyak tiga kali atau lebih secara berurutan, ponsel akan beralih ke “sleep mode” dan tidak menerima entri apa pun selama 15 menit berikutnya. Dalam hal ini, matikan ponsel lalu hidupkan kembali dan biarkan dalam keadaan siaga atau jangan melakukan apa-apa selama 15 menit, kemudian coba lagi atau bawa ponsel ke pusat layanan Nokia.

3. Ponsel saya menampilkan "Kartu SIM ditolak" atau "Kartu SIM tidak diterima".
Kartu SIM (subscriber identity module) adalah kartu kecil di dalam ponsel Anda yang melangsungkan koneksi jaringan. Kartu SIM disediakan oleh operator atau penyedia layanan Anda. Pada umumnya, mereka adalah sumber bimbingan terbaik untuk masalah kartu SIM. ponsel Anda mungkin menampilkan pesan kesalahan kartu SIM jika:
  • Letak kartu SIM miring. Jika belum lama ini ponsel terjatuh, terbentur atau dibuka, kartu SIM mungkin perlu disetel kembali. Ikuti petunjuk pemasangan kartu SIM dalam panduan pengguna.
  • Kode PUK (Personal Unblocking Key) salah dimasukkan hingga beberapa kali. Hal ini dapat menonaktifkan kartu SIM. Jika keadaan nonaktif ini tampaknya permanen, hubungi operator atau penyedia layanan Anda untuk mendapatkan kartu SIM baru.
  • Belum lama ini sudah berganti penyedia layanan. Dalam hal ini, mungkin kartu SIM atau ponsel Anda dikonfigurasi untuk operator Anda yang terdahulu dan perlu dikonfigurasi ulang. Mungkin juga, bahwa ponsel Anda sudah dikonfigurasi sehingga tidak dapat digunakan dengan kartu SIM dari operator atau penyedia layanan yang berbeda. Silakan menghubungi operator atau penyedia layanan Anda yang baru untuk mendapatkan bimbingan.
Jika tidak satu pun situasi di atas berlaku dan Anda terus menerima pesan kesalahan ini, mungkin kartu SIM Anda rusak. Silakan menghubungi operator atau penyedia layanan Anda untuk memeriksa dan/atau mengganti kartu SIM. Atau, bawalah ponsel Anda ke Pusat layanan Nokia terdekat untuk diperiksa. Anda dapat menemukan alamat pusat layanan dari menu drop-down di bagian bawah Perbaikan

4.Mengapa nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity) itu penting dan bagaimana mengambil nomor IMEI dari ponsel saya?
Nomor IMEI adalah kode unik sebanyak 15 yang digunakan untuk mengenali ponsel pada jaringan GSM. Nomor IMEI bisa diambil dengan memasukkan *#06# dan kode unik 15 digit akan ditampilkan di layar. Jika ponsel Anda tidak dapat ditemukan, mungkin ada gunanya untuk memberikan nomor IMEI ini ke polisi dan penyedia layanan telekomunikasi

5. Ponsel saya hilang. Bagaimana memblokir ponsel untuk mencegah penggunaan yang tidak berwenang?
Nokia tidak mempunyai sistem untuk memblokir ponsel. Namun, jika Anda memberikan nomor IMEI ponsel kepada kami, kami dapat memberitahu Pusat Layanan Resmi mengenai ponsel hilang. Anda juga dianjurkan untuk melapor kepada polisi

6. Ponsel Nokia saya seri 60, 80, 90 ada virus. Bagaimana saya menghilangkan virusnya?
Menghilangkan Virus Ponsel pada ponsel Nokia seri 60, 80, 90 bisa dilakukan dalam beberapa cara seperti, men-download aplikasi Mobile Anti-Virus Pihak ke-3. Hal ini juga tergantung pada jenis virus yang menyerang ponsel Anda.
Anda dapat merujuk ke dukungan aplikasi Mobile Anti-Virus Pihak ke-3 untuk mendapatkan petunjuk tentang cara membersihkan Virus Ponsel di ponsel Anda.
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara melindungi ponsel Anda, simaklah link ini - www.nokia.com/security

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar